1) Pengetahuan wawasan bimbingan dan konseling

Pengetahuan wawasan bimbingan konseling yang harus dimiliki oleh seorang konselor yaitu:
A. Konsep dasar bimbingan dan konseling
Seorang konselor perlu mendalami tentang:
1. Perubahan dan perkembanagan masyarakat
2. Modernisasi
3. Era globalisasi dan informasi
4. Dampak modernisasi,globalisasi dan informasi
5. Derajat manusia diantara sekian mahkluk
6. Dimensi kemanusiaan
7. Manusia seutuhnya
8. Sumber masalah
9. Peranan pendidikan
10. Peranan bimbingan dan konseling
11. Peraturan perundang-undangan sistem pendidikan nasional
B. Fungsi bimbingan konseling
1. Fungsi pemahaman
2. Fungsi pencegahan
3. Fungsi pengentasan
4. Fungsi pemeliharaan dan pengembangan

C. Landasan bimbingan dan konseling
1. Landasan filosofis : pemikiran filosofis menitik beratkan pada pemahaman tentang hakekat manusia. Hakekat manusia dilihat dari beberapa dimensi yaitu dimensi keindividualan, dimensi kesosialan, dimensi kesusilaan, dan dimensi keagamaan.
2. Landasan religius : pemikiran ini menitik beratkan pada pemahaman tentang keyakinan bahwa manusia dan seluruh alam semesta terhadap makhluk tuhan.
3. Landasan psikologis : pemikiran ini menitik beratkan pada pemahaman tingkah laku klien.
4. Landasan ssosial budaya : penyelenggraan bimbingan dan konseling harus dapat dilandasi oleh pertimbangan keanekaragaman sosial budaya dan hidup dalam masyarakat disamping akan dinamika sosial budaya menuju masyarakat lebih maju.
5. Landasan ilmiah dan teknologi : landasan ini membicarakan tentang sifat keilmuan bimbingan dan konseling . Bk sebagai ilmu yang multidimensional yang menerima sumbangan besar dari ilmu lain dan bidang teknologi.
6. Landasan paedagogis : dikemukakan bahwa tujuan pendidikan dan tujuan bk mrmang dapat dibedakan tetapi tidak dapt dipisahkan.

D. Asas bimbingan dan konseling
1. Asas kerahasiaan
2. Asas kesukarelaan
3. Asas keterbukaan
4. Asas kekinian
5. Asas kemandirian
6. Asas kegiatan
7. Asas kedinamisan
8. Asas keterpaduan
9. Asas kenormatifan
10. Asas keahlian
11. Asas alih tangan
12. Asas tut wuri handayani

E. Prinsip-prinsip bimbingan dan konseling
1. Prinsip berkenaan dengan sasaran pelayanan
2. Prinsip berkenaan dengan masalah individu
3. Prinsip berkenaan dengan pelayanan
4. Prinsip berkenaaan dengan pelaksanaan layanan.

2) . Bidang bimbingan

A. Bidang bimbingan pribadi
Bidang ini dapat dirinci sebagai berikut:
1. Pemantapan sikap dan kebiasaan serta pengembangan wawasan dalam beriman dan bertaqwa terhadap tuhan yang mha esa
2. Pemantapan pemahaman tentang kekuatan diri dan pengembangannya untuk kegiatan yang kreatif dan produktif baik dalam kehidupan sehari-hari maupun untuk peranannya dimasa depan
3. Pemantapan pemahaman tentang bakat dan minat pribadi serta penyaluran dan pengembangannya melalui kegiatan yang kreatif dan produktif
4. Pemantapan pemahaman tentang kelemahan diri dan usaha penanggulangannya
5. Pemantapan kemampuan mengambil keputusan
6. Pemantapan kemampuan mengarahkan diri sesuai dengan keputusan yang telah diambilnya
7. Pemantapan dalam perencanaan dan penyelenggaraan hidup sehat baik secara rohaniah maupun jasmaniah.

B. Bidang bimbingan sosial
Bidang ini dapat dirinci sebagai berikut:
1. Pemantapan kemampuan berkomunikasi baik melalui ragam lisan maupun tulisan secara efektif.
2. Pemantapan kemampuan menerima dan menyampaikan pendapat serta beragumentasi secara dinamis,kreatif dan produktif.
3. Pemantapan kemampuan bertingkah laku dan berhubungan sosial
4. Pemantapan hubungan yang dinamis,harmonis dan produktif dengan teman sebaya baik di rumah,sekolah,maupun masyarakat pada umumnya.
5. Pemantapan pemahaman kondisi dan peraturan sekolah serta upaya pelaksanaanya.
6. Orientasi tentang hidup berkeluarga.

C. Bidang bimbingan mengajar
Bidang ini dirnci sebagai berikut:
1 . Pemantapan sikap dan kebiasaan belajar yang efektif dan efisien
2. Pemantapan disiplin belajar dan berlatih mandiri maupun berkelompok
3. Pemantapan penguasaan materi program belajar disekolah sesuai dengan perkembangan iptek
4. Pemantapan pemahaman dan pemanfaatan kondisi fisik, sosial dan budaya yang ada disekolah, lingkungan sekitar dan masyarakat.
5. Orientasi belajar diperguruan tinggi.

D. Bimbingan karier
Bidang ini dirinci sebagai berikut:
1. pemantapan pemahaman diri berkenaan dengan kecenderungan karier yang hendak dikembangkan.
2. pemantapan orientasi dan informasi karir pada umumnya
3. orientasi dan informasi terhadap dunia kerja dan usaha memperoleh penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup.
4. orientasi dan informasi terhadap pendidikan yang lebih tinggi,khusu sesuai karir yang hendak dikembangkan.
3). Layanan bimbingan dan konseling
Layanan bimbingan dan konseling meliputi 7 layanan:
1). Layanan orientasi
Fungsi utama layanan orientasi adalah fun gsi pemahaman dan pencegahan. Materi layanan orientasi dalam bidang-bidang bimbingan meliputi:
a. Layanan orientasi dalam bidang bimbingan pribadi
– Fasilitas penunjang ibadah keagamaan yang ada disekolah
– Acara keagamaan yang menunjang pengembangan kegiatan peribadatan
– Hak dan kewajiban siswa termasuk pakaian sekolah
– Bentuk pelayanan bimbingan bk
– Fasilitas kesehatan.
b. Layanan orientasi dalam bidang sosial
– Suasana kehidupan dan tata krama tentang hubungan sosial di sekolah
– Peraturan dan tata tertib memasuki/menggunakan kantor,kelas,laborat, perpustakaan dan fasilitas sekolah lainnya.
– Lingkungan sosial masyarakat
– Wadah yang ada disekolah yang mampu mengembangkan hubungan sosial siswa seperti osis,uks,pmr,pramuka.
– Organisasi orangtua dan guru
– Adanya pelayanan bimbingan sosial bagi para siswa.
c. Layanan orientasi dalam bidang bimbingan belajar
– Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, jadwal pelajaran, guru setiap mata pelajaran.
– Lingkungan dan fasilitas sekolahyang menunjang kegiatandan belajar
– Kurikulum berkenaan dengan tujuan pendidikan, mata pelajaran dan program belajar,sistem pendekatan proses belajar mengajar
– Suasana belajar disekolah pada umumnya yang perlu dikembangkan
– Adanya pelayanan bimbingan belajar bagi para siswa.
d. Layanan orientasi dalam bidang bimbingan karir
– Peran bk serta pelacakan karir disekolah menengah
– Pelaksanaan bimbingan karir untuk siswa sekolah menengah
– Kegiatan yang diharapkan dari siswa dalam pelaksanaan bimbingan kair.

2). Layanan informasi
Fungsi utama layanan inforamsi adalah fungsi pemahaman dan pencegahan. Materi layanan informasi dalam bidang-bidang bimbingan meliputi:
a. Layanan informasi dalam bidang bimbinga pribadi
– Tugas-tugas perkembangan masa remaja akhir
– Perlunya pengembangan kebiasaan dan sikap dalam keimanan dan ketaqwaan terhadap tuhan yme
– Usaha yang dapat dilakukan dalam mengenal bakat
– Perlunya hidup sehat dan upaya pelaksanaannya
– Membantu siswa dalam menghadapi masa peralihan(remaja ke dewasa)
b. Layanan informasi dalam bidang bimbingan sosial
– Tugas perkembangan masa remaja tentang pengembangan hubungan sosial
– Cara bertingkah laku, sopan santun
– Tata krama pergaulan dengan teman sebaya
– Suasana dan tata krama kehidupan dalam berkeluarga
– Hak dan kewajiban warga negara
– Pengenalan dan manfaat lingkungan yang lebih luas.
c. Laranyanan informasi dalam bidang bimbingan belajar
– Tugas perkembangan masa remaja berkenaaan dengan pengembangan diri
– Pengembangan sikap dan kebiasaan yang baik
– Kemungkinan munculnya berbagai masalah belajar dan upaya pengentasannya
d. Layanan informasi dakam bidang bimbingan karir
– Tugas perkembangan masa remaja berkenaan dengan kemampuan dan pengembangan karir
– Perkembangan karir di masyarakat
– Kemungkinan permasalahan dalam pilihan pekerjaan
– Pelaksanaan layanan bimbingan karir bagi siswa

3). Layanan penempatan/ penyaluran
Fungsi utama layanan ini adalah fungsi pencegahan dan pemeliharaan
Materi layanan penempatan/penyaluran dalam bidang pendidikan:
a. Layanan penempatan/penyaluran dalam bimbingan pribadi
– Posisi duduk dalam kelas yang disesuaikan dengan kondisi fisik dan pribadi siswa
– Pilihan keterampilan dan kesenian sesuai dengan kemampuan,bakat dan minat
– Kegiatan ekstra kurikuler (osis,pmrpramukadll)
b. Layanan pemenpatan/penyaluran dal;am bidang bimbingan sosial
– Kelompok kegiatan bersama sehingga siswa mampu berkomunikasi secara dinamis,kreatif dan produktif
– Kegiatan kesiswaan seperi osis,ataupun kegiatan lapangan
c. Layanan penempatan/penyaluran dalam bidang bimbingan belajar
– Kelompok belajar berdasar kemampuan siswa
– Kelompok belajar campuran
– Program pengajaran perbaikan
– Program pengayaan
d. Layanan penempatan/penyaluran dalam bidang karir
– Kelompok latihan keterampilan dan kegiatan ekstra kurikuler
– Kelompok yang membahas pilihan program studi lebih lanjut
Pelaksaan layanan penempatan/penyaluran di dahului oleh pengungkapan:
a. Kondisi fisik siswa: keadaan pancaindera, ukuran badan, jenis kelamin
b. Kemampuan akademik
c. Kondisi psikofisik seperti terlalu banyak gerak, cepat lelah.

4) . Layanan pembelajaran
Fungsi utama layanan ini adalah fungsi pemeliharaan dan pengembangan. Materi layanan pembelajaran dalam bidang-bidang bimbingan meliputi:
a. Layanan pembelajaran dalam bidang pribadi
– Kebiasaan dan sikap dalam beriman kepada tuhan yme
– Pengenalan dan penerimaan perubahan pertumbuhan fisik dan psikis
– Kemampuan mengambil keputusan dan pengarahan diri sendiri
b. Layanan pembelajaran dalam bidang bimbingan sosial
– Kemampuan berkomunikasi
– Kemampuan bertingkah laku berhubungan sosial
– Pemahaman pelaksanaan disiplin dan peraturan sekolah
c. Layanan pembejaran dalam bidang bimbingan belajar
– Peningkatan motivasi siswa
– Peningkatan keterampilan belajar
– Pengembangan sikap dan kebiasaan yang baik
– Pengajaran perbaikan
– Pengembangan dan pemanfaatan lingkungan sekitar
d. Layanan pembelajaran dalam bidang bimbingan karir
– Pilihan karir dan latihan keterampilan
– Orientasi karir dan informasi karirpilihan orientasi dan informasi perguruan tinggi
5). Layanan konseling perorangan
Fungsi utama layanan ini adalah fungsi pengentasan
Materi layanan konseling perorangan dalam bidang-bidang bimbingan meliputi:
a. Layanan konseling perorangan dalam bidang pribadi
– Kebiasaan dan sikap dalam beriman terhadap tuhan yme
– Pengenalan dan peneriman perubahan diri sendiri
– Kemampuan mengambil keputusan
b. Layanan konseling perorangan dalam bidang bimbingan sosial
– Kemampuan berkomunikasi
– Kemampuan bertingkah laku dan berhubungan sosial
– Pengenalan dan pengalaman pola hidup sederhana
c. Layanan konseling perorangan dalam bidang bimbingan karir
– Penguasaan materi pebelajaran dan latihan keterampilan
– Pengenalan dan pemanfaatan kondisi fisik,sosial budaya
– Orientasi belajar di perguruan tinggi
d. Layanan konseling perorangan dalam bidang karir
– Pilihan dan latihan keterampilan
– Orientasi dan informasi pekerjaan
– Pilihan orientasi dan informasi perguruan tinggi sesuai dengan arah pengembangan karir
6). Layanan bimbingan kelompok
Fungsi bimbingan ini adalah fungsi pemahaman dan pengembangan
Materi layanan bimbingan kelompok dalam bimbingan meliputi
a. Layanan bimbingan kelompok dalam bidang bimbingan pribadi
– Kebiasaan dan sikap dalam beriman dan bertaqwa kapada tuhan yme
– Pengenalan tentang kekuatan diri sendiri/bakat minat dan upaya penyalurannya
– Kemampuan mengambil keputusan
b. Layanan bimbingan kelompok dalam bidang bimbingan sosial
– Kemampuan berkomunikasi
– Kemampuan bertingkah laku dan berhubungan sosial
– Pengandalian emosi
c. Layanan bimbingan kelompok dalam bidang bimbingan belajar
– Sikap dan kebiasaan belajar
– Penguasaan materi pelajaran
– Motivasi dan tujuan belajar dan latihan
d. Layanan bimbingan kelompok dalam bidang bimbingan karir
– Pilihan dan latihan keterampilan
– Orientasi dan informasi pekerjaan
– Pilihan orientasi dan informasi perguruan tinggi
Manfaat dan pentingnya bimbingan kelompok bagi siswa:
– diberi kesempatan yang luas untuk berpendapat
– memiliki pemahaman objektif dan luas
– menimbulkan sikap positif
– melaksanakan kegiatan nyata dan membuahkan hasil

7). Layanan konseling kelompok
Fungsi layanan ini adalah fungsi pengentasan
Materi layanan konseling kelompok dalam bidang bimbingan meliputi
a. Layanan konseling kelompok dalam bidang bimbingan pribadi
– Kebiasaan dan sikap dalam beriman dan bertaqwa terhadap tuhan yme
– Pengenalan dan penerimaan perubahan terhadap diri sendiri
– Pengenalan tentang kelemahan diri sendiri
b. Layanan konseling kelompok dalam bidang bimbingan sosial
– Kemampuan berkomunikasi
– Kemampuan berkomunikasi dan berhubungan sosial
– Hubungan dengan teman sebaya
c. Layanan konseling kelompok dalam bidang bimbingan belajar
– Motivasi dan tujuan belajar
– Sikap dan kebiasaan
– Pengiasaan materi pelajaran
d. Layanan konseling kelompok dalam bidang bimbingan karir
– Pilihan dan latihan keterampilan
– Orientasi dan informasi pekerjaan
– Pilihan dan orientasi informasi perguruan tinggi
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam dalam kegiatan kelompok:
– Membina keakraban kelompok
– Melibatkan diri secara penuh
– Mematuhi aturan kelompok
– Memberi kesempatan bagi anggota kelompok lain
– Menyadari pentingnya kegiatan kelompok

About these ads