1. IDENTITAS MATA PELAJARAN
a. Nama Sekolah : SMA SEMARANG
b. Kelas : X
c. Semester : 2
d. Jurusan : —
e. Mata Pelajaran : SOSIOLOGI
f. Jumlah Pertemuan : 2 x Pertemuan (4 x 45 menit)

2. STANDAR KOMPETENSI
2. Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian

3. KOMPETENSI DASAR
2.3 Menerapkan aturan – aturan sosial dalam kehidupan bermasyarakat

4. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
• Mengidentifikasi Jenis – jenis lembaga pengendalian sosial
• Mendiskripsikan berbagai cara pengendalian sosial
• Mendiskripsikan akibat tidak berfungsinya lembaga sosial
• Mendifinisikan aturan – aturan sosial dalam kehidupan masyarakat
• Menyebutkan jenis-jenis lembaga pengendalian sosial
• Menjelaskan pengendalian sosial resmi
• Menjelaskan pengendalian sosial tidak resmi
• Menjelaskan akibat disfungsi lembaga pengendalian sosial

5. TUJUAN PEMBELAJARAN
• Melalui kegiatan diskusi dan dialog interaktif, siswa mampu mendeskripsikan jenis-jenis pengendalian sosial

6. MATERI AJAR
• Aturan – aturan sosial dalam kehidupan bermasyarakat

7. ALOKASI WAKTU
2 kali pertemuan (4 x 45 menit)

8. MODEL/PENDEKATAN/METODE PEMBELAJARAN
Model Pembelajaran
Konstruktivisme, cooperative learning
Metode Pembelajaran
• Ceramah interaktif
• Diskusi kelompok kecil
• Penugasan
• Tanya jawab
Pendekatan Pembelajaran
Pemahaman konsep dan ekspositori

9. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 15 ( 2 x 45 Menit)

No

Kegiatan Pembelajaran

Waktu (Menit)

1.

TATAP  MUKA

Kegiatan  awal  (pendahuluan)

Appersepsi

- Meminta peserta didik untuk mengingat kembali pengertian lembaga pengendalian sosial yang dibahas pada pembelajaran sebelumnya

- Mengkaitkan hasil brainstorming dengan materi yang akan  disampaikan pada hari itu

 

10’

2.

Kegiatan inti :

  • Eksplorasi

- Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang  jenis-jenis lembaga pengendalian sosial diselingi tanya jawab

- Digunakan teknik ceramah untuk menjelaskan jenis-jenis lembaga pengendalian sosial

- Memberi materi untuk dikaji secara perorangan  :

1. Jenis-jenis lembaga pengedalian sosial

2. Fungsi kepolisian sebagai lembaga pengendalian sosial

3. Fungsi pengadilan sebagai lembaga pengendalian sosial

4. Agama Sebagai lembaga pengendalian masyarakat

5. Fungsi adat istiadat sebagai lembaga pengendalian sosial

6. Fungsi tokoh masyarakat sebagai lembaga pengendalian sosial

7. Akibat disfungsi lembaga pengendalian sosial

Elaborasi 

-  Siswa berdiskusi tentang akibat tidak berfungsinya lembaga pengendalian sosial dari berbagai sumber.

-  Dua orang  siswa ditunjuk sebagai moderator dan sekretaris yang akan mengatur jalannya dialog

-  Siswa dipimpin moderator mulai membicarakan hasil pengkajian pustaka

-  Satu dan lainnya saling melengkapi

- Moderator bersama sekretaris melakukan penyimpulan terhadap dialog tsb, guru mendampingi dan melengkapi

 

  • Konfirmasi

-  Guru memberi konfirmasi terhadap jalannya diskusi

-  Refleksi dilakukan dengan membandingkan negara hukum dengan negara barbarian.

-  Memotivasi siswa yang belum aktif selama diskusi berlangsung

 

70’

3.

Kegiatan  Penutup :

  1. Evaluasi/Tanya jawab
  2. Penenangan / Pendinginan

PENUGASAN TERSTRUKTUR (PT) dan KEGIATAN MANDIRI TIDAK TERTSTRUKTUR  (KMTT)

Disampaikan saat kegiatan penutup

  • Penugasan terstruktur  (PT)

Mengerjakan Latihan Soal dari LKS Kresna hal 48 – 51

  • KMTT

Belum ada KMTT karena belum sampai di akhir pembahasan KD

10’

Pertemuan 16 ( 2 x 45 Menit)

No

Kegiatan Pembelajaran

Waktu (Menit)

1.

TATAP  MUKA

Kegiatan  awal  (pendahuluan)

Appersepsi

- Meminta peserta didik untuk menempati tempat duduk yang sudah disiapkan oleh guru

- Guru membagikan soal ulangan dan lembar jawab

 

10’

2.

Kegiatan inti :

  • Eksplorasi

- Siswa mengerjakan soal ulangan dengan serius

  • Elaborasi 
  • Konfirmasi

-  Memotivasi siswa yang merasa belum menguasai materi

70’

3.

Kegiatan Penutup

Guru  mengumpulkan lembar jawaban siswa

10’

 

10. PENILAIAN HASIL BELAJAR

1. Kognitif

Soal Uraian :

  1. Sebutkan jenis-jenis lembaga pengendalian sosial!
  2. Sebutkan tugas kepolisian sebagai lembaga pengendalian sosial!
  3. Jelaskan pengertian tokoh masyarakat!
  4. Sebutkan fungsi agama sebagai lembaga pengendalian sosial!
  5. Sebutkan akibat dari tidak berfungsinya lembaga pengendalian sosial!

Kunci dan scoring terlampir

2. Afektif

LEMBAR PENGAMATAN SIKAP

Mata Pelajaran : SOSIOLOGI

Kelas               : X

No

Nama Siswa

Aspek Penilaian

Nilai

Minat Keaktifan Kedisiplinan
1          
2          
3          
4          
5          
6. Dst…..        

Pedoman Penskoran    :

- Tinggi            = 3

- Sedang          = 2

- Rendah         = 1

11.SUMBER/BAHAN

- Sosiologi untuk SMA Kelas X, Saptono, dkk.

- Sosiologi 1, Suatu  Pendekatan  Baru, Kusmono  Hadi ,PT Piranti.

- Pengantar Sosiologi Soerjono Soekanto

-  Internet  / Koran

Semarang,   Juli 2011

Guru Sosiologi

Asriningsih

About these ads