1. IDENTITAS MATA PELAJARAN
a. Nama Sekolah : SMA SEMARANG
b. Kelas : X
c. Semester : 2
d. Jurusan : —
e. Mata Pelajaran : SOSIOLOGI
f. Jumlah Pertemuan : 1 x Pertemuan (2 x 45 menit)

2. STANDAR KOMPETENSI
2. Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian

3. KOMPETENSI DASAR
2.1 Menjelaskan sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan kepribadian

4. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
• Mendefinisikan pengertian sosialisasi
• Menyebutkan tahapan sosialisasi
• Menjelaskan faktor-faktor pendorong sosialisasi
• Menyebutkan jenis-jenis sosialisasi
• Menyebutkan media sosialisasi

5. TUJUAN PEMBELAJARAN
• Melalui kegiatan diskusi dan dialog interaktif, siswa mampu mendeskripsikan sosialisasi
• Melalui kegiatan diskusi dan dialog interaktir, siswa mampu mendeskripsikan media sosialisasi.

6. MATERI AJAR
• Proses sosialisasi dan pembentukan kepribadian

7. ALOKASI WAKTU
1 kali pertemuan (2 x 45 menit)

8. MODEL/PENDEKATAN/METODE PEMBELAJARA

Model Pembelajaran: Konstruktivisme, cooperative learning
Metode Pembelajaran:

• Ceramah interaktif
• Diskusi kelompok kecil
• Penugasan
• Tanya jawab
Pendekatan Pembelajaran
Pemahaman konsep dan ekspositori

9. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 ( 2 x 45 Menit)

No

Kegiatan Pembelajaran

Waktu (Menit)

1.

TATAP  MUKA

Kegiatan  awal  (pendahuluan)

Appersepsi

– Meminta peserta didik untuk mengartikan istilah “sosialisasi”  sebagai brainstorming

– Mengarahkan  peserta didik untuk flashback sejenak dengan  memutar film tentang kehidupan manusia di sekitar kehidupan mereka

– Mengkaitkan hasil brainstorming dengan materi yang akan  disampaikan pada hari itu

 

10’

2.

Kegiatan inti :

Eksplorasi

– Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang  proses sosialisasi diselingi tanya jawab

– Digunakan teknik problem solving untuk menjelaskan tentang proses sosialisasi

– Memberi materi untuk dikaji secara perorangan  :

1. Pengertian sosialisasi

2. Proses sosialisasi

3. Faktor-faktor terjadinya sosialisasi

Elaborasi   Siswa mengkaji artikel tentang proses sosialisasi dalam kehidupan manusia dari buku paket

–  Dua orang  siswa ditunjuk sebagai moderator dan sekretarisyang akan mengatur jalannya dialog

–  Siswa dipimpin moderator mulai membicarakan hasil pengkajian pustaka

–  Satu dan lainnya saling melengkapi

– Moderator bersama sekretaris melakukan penyimpulan terhadap dialog tsb, guru mendampingi dan melengkapi

Konfirmasi–  Guru memberi konfirmasi terhadap jalannya diskusi

–  Refleksi dilakukan dengan membandingkan perkembangan manusia sejak dia lahir hingga tua

–  Memotivasi siswa yang belum aktif selama diskusi berlangsung

 

70’

3.

Kegiatan  Penutup :

  1. Evaluasi/Tanya jawab
  2. Penenangan / Pendinginan

PENUGASAN TERSTRUKTUR (PT) dan KEGIATAN MANDIRI TIDAK TERTSTRUKTUR  (KMTT)

Disampaikan saat kegiatan penutup

  • Penugasan terstruktur  (PT)

Mengerjakan soal LKS Hal 15

  • KMTT

Belum ada KMTT karena belum sampai di akhir pembahasan KD

 

10’

10. PENILAIAN HASIL BELAJAR
1. Kognitif
Soal Uraian :
1. Jelaskan pengertian sosialisai!
2. Sebutkan tahapan-tahapan sosialisasi!
3. Sebutkan faktor-faktor yang mendorong terjadinya sosialisasi!
4. Sebutkan tujuan sosialisasi!
5. Sebutkan ciri-ciri sosialisasi represif!
Kunci dan scoring terlampir

2. Afektif
LEMBAR PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran : SOSIOLOGI
Kelas : X

No

Nama Siswa

Aspek Penilaian

Nilai

Minat Keaktifan Kedisiplinan
1          
2          
3          
4          
5          
6. Dst…..        

Pedoman Penskoran :
– Tinggi = 3
– Sedang = 2
– Rendah = 1

11.SUMBER/BAHAN
– Sosiologi untuk SMA Kelas X, Saptono, dkk.
– Sosiologi 1, Suatu Pendekatan Baru, Kusmono Hadi ,PT Piranti.
– Pengantar Sosiologi Soerjono Soekanto
– Internet / Koran

Semarang , Juli 2012

Guru Mata Pelajaran Sosiologi

 

 

Asri ningsih