1. IDENTITAS MATA PELAJARAN
    1. Nama Sekolah             : SMA  SEMARANG
    2. Kelas                           : X
    3. Semester                      : 2
    4. Jurusan                        : —
    5. Mata Pelajaran            : SOSIOLOGI
    6. Jumlah Pertemuan       : 1 x Pertemuan (2 x 45 menit)

2. STANDAR KOMPETENSI

2. Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian

3.  KOMPETENSI DASAR

2.1 Menjelaskan sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan kepribadian

4. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

  • Menjelaskan pengertian kebudayaan
  • Mengidentifikasikan pengaruh kebudayaan terhadap pmbentukan kepribadian
  • Menyebutkan wujud kebudayaan

5. TUJUAN PEMBELAJARAN

  • Melalui kegiatan diskusi dan dialog interaktif, siswa mampu mendeskripsikan kebudayaan

6. MATERI AJAR

  • Proses sosialisasi dan pembentukan kepribadian

7. ALOKASI WAKTU

1 kali pertemuan (2 x 45 menit)

8. MODEL/PENDEKATAN/METODE PEMBELAJARAN

    Model Pembelajaran

Konstruktivisme, cooperative learning

    Metode Pembelajaran

  • Ceramah interaktif
  • Diskusi kelompok kecil
  • Penugasan
  • Tanya jawab

   Pendekatan Pembelajaran

Pemahaman konsep dan ekspositori

9. KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Pertemuan 2 ( 2 x 45 Menit)

No

Kegiatan Pembelajaran

Waktu (Menit)

1.

TATAP  MUKA

Kegiatan  awal  (pendahuluan)

Appersepsi

– Meminta peserta didik untuk mengingat kembali pengertian istilah “kepribadian” yang dibahas pada pembelajaran sebelumnya

– Mengkaitkan hasil brainstorming dengan materi yang akan  disampaikan pada hari itu

 

10’

2.

Kegiatan inti :

Eksplorasi

– Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang  media-media pembentukan kepribadian diselingi tanya jawab

– Digunakan teknik ceramah untuk menjelaskan tentang media-media pembentuk kepribadian

– Memberi materi untuk dikaji secara perorangan  :

1. Keluarga sebagai media pembentuk kepribadian

2. Sekolah sebagai media pembentuk kepribadian

3. Teman sepermainan sebagai media pembentuk kepribadian

4. Media massa sebagai pembentuk kepribadian

Elaborasi 

 Siswa berdiskusi tentang pergaulan bebas dari buku internet / koran

–  Dua orang  siswa ditunjuk sebagai moderator dan sekretaris yang akan mengatur jalannya dialog

–  Siswa dipimpin moderator mulai membicarakan hasil pengkajian pustaka

–  Satu dan lainnya saling melengkapi

– Moderator bersama sekretaris melakukan penyimpulan terhadap dialog tsb, guru mendampingi dan melengkapi

 Konfirmasi

–  Guru memberi konfirmasi terhadap jalannya diskusi

–  Refleksi dilakukan dengan membandingkan antara pergaulan positif dan pergaulan negatif

–  Memotivasi siswa yang belum aktif selama diskusi berlangsung

 

70’

3.

Kegiatan  Penutup :

  1. Evaluasi/Tanya jawab
  2. Penenangan / Pendinginan
  3. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membaca materi pada pertemuan selanjutnya

PENUGASAN TERSTRUKTUR (PT) dan KEGIATAN MANDIRI TIDAK TERTSTRUKTUR  (KMTT)

Disampaikan saat kegiatan penutup

  • Penugasan terstruktur  (PT)

Membuat perbandingan fungsi masing-masing media pembentuk kepribadian (kolom sudah disediakan)

  • KMTT

Belum ada KMTT karena belum sampai di akhir pembahasan KD

 

10’

10. PENILAIAN HASIL BELAJAR

  • 1. Kognitif
  • Soal Uraian :
    1. Jelaskan pengertian kebudayaan!
    2. Sebutkan wujud kebudayaan menurut J.J Hoenigman!
    3. Sebutkan Tipe-tipe kebudayaan!
    4. Sebutkan fungsi kebudayaan dalam pembentukan kepribadian!
    5. Jelaskan pengertian
      1. Artefak
      2. Gagasan
  • Kunci dan scoring terlampir2. Afektif

    LEMBAR PENGAMATAN SIKAP

    Mata Pelajaran : SOSIOLOGI
    Kelas               : X

    No

    Nama Siswa

    Aspek Penilaian

    Nilai

    Minat Keaktifan Kedisiplinan
    1          
    2          
    3          
    4          
    5          
    6. Dst…..        

    Pedoman Penskoran    :
    -Tinggi            = 3
    – Sedang         = 2
    – Rendah         = 1

11.SUMBER/BAHAN

Sosiologi untuk SMA Kelas X, Saptono, dkk.

– Sosiologi 1, Suatu  Pendekatan  Baru, Kusmono  Hadi ,PT Piranti.
– Pengantar Sosiologi Soerjono Soekanto
– Internet  / Koran

Semarang,    Juli 2011

Guru Sosiologi

 

 

 

Asriningsih