1. IDENTITAS MATA PELAJARAN
    1. Nama Sekolah             : SMA SEMARANG
    2. Kelas                           : X
    3. Semester                      : 2
    4. Jurusan                        : —
    5. Mata Pelajaran            : SOSIOLOGi
    6. Jumlah Pertemuan       : 1 x Pertemuan (2 x 45 menit)

2. STANDAR KOMPETENSI

2. Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian

3. KOMPETENSI DASAR

2.2 Mendeskripsikan terjadinya perilaku menyimpang dan sikap-sikap anti sosial

4. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

  • Menjelaskan pengertian perilaku menyimpang
  • Mengidentifikasikan proses terjadinya perilaku menyimpang
  • Menyebutkan ciri-ciri perilaku menyimpang
  • Menjelaskan sifat-sifat perilaku menyimpang
  • Menjelaskan jenis-jenis perilaku menyimpang

5. TUJUAN PEMBELAJARAN

  • Melalui kegiatan diskusi dan dialog interaktif, siswa mampu mendeskripsikan perilaku menyimpang
  • Melalui kegiatan diskusi dan dialog interaktir, siswa mampu mengidentifikasi terjadinya perilaku menyimpang.

6. MATERI AJAR

Proses sosialisasi dan pembentukan kepribadian

7. ALOKASI WAKTU

1 kali pertemuan (2 x 45 menit)

8. MODEL/PENDEKATAN/METODE PEMBELAJARAN

    Model Pembelajaran

Konstruktivisme, cooperative learning

    Metode Pembelajaran

  • Ceramah interaktif
  • Diskusi kelompok kecil
  • Penugasan
  • Tanya jawab

Pendekatan Pembelajaran

Pemahaman konsep dan ekspositori

9. KEGIATAN PEMBELAJARAN

No

Kegiatan Pembelajaran

Waktu (Menit)

1.

TATAP  MUKA

Kegiatan  awal  (pendahuluan)

Appersepsi

– Meminta peserta didik untuk mengingat kembali pengertian istilah “perilaku menyimpang  yang  telah dibahas pada pembelajaran sebelumnya

– Mengkaitkan hasil brainstorming dengan materi yang akan

  disampaikan pada hari itu

 

10’

2.

Kegiatan inti :

  • Eksplorasi

– Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang  bentuk-bentuk perilaku menyimpang diselingi tanya jawab

– Digunakan teknik ceramah untuk menjelaskan tentang bentuk-bentuk perilaku menyimpang

– Memberi materi untuk dikaji secara perorangan  :

1. Sifat-sifat  perilaku menyimpang

2. Jenis-jenis perilaku menyimpang

Elaborasi 

 Siswa berdiskusi tentang jeniss-jenis perilaku menyimpang dari buku, internet atau koran

–  Dua orang  siswa ditunjuk sebagai moderator dan sekretaris yang akan mengatur jalannya dialog

–  Siswa dipimpin moderator mulai membicarakan hasil pengkajian pustaka

–  Satu dan lainnya saling melengkapi

– Moderator bersama sekretaris melakukan penyimpulan terhadap dialog tsb, guru mendampingi dan melengkapi

 

  • Konfirmasi

–  Guru memberi konfirmasi terhadap jalannya diskusi

–  Refleksi dilakukan dengan membandingkan jenis-jenis perilaku menyimpang yang terjadi dikehidupan masyarakat.

–  Memotivasi siswa yang belum aktif selama diskusi berlangsung

 

70’

3.

Kegiatan  Penutup :

  1. Evaluasi/Tanya jawab
  2. Penenangan / Pendinginan
  3. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membaca materi pada pertemuan selanjutnya

PENUGASAN TERSTRUKTUR (PT) dan KEGIATAN MANDIRI TIDAK TERTSTRUKTUR  (KMTT)

Disampaikan saat kegiatan penutup

  • Penugasan terstruktur  (PT)

Mengerjakan Latihan Soal dari LKS Kresna hal 34

  • KMTT

 

10’

10. PENILAIAN HASIL BELAJAR

1. Kognitif

Soal Uraian :

  1. Jelaskan pengertian perilaku menyimpang!
  2. Sebutkan ciri-ciri perilaku menyimpang!
  3. Jelaskan sifat-sifat perilaku menyimpang!
  4. Sebutkan jenis-jenis perilaku menyimpang!
  5. Jelaskan alasan mengapa meskipun ada norma dalam masyarakat namun masih banyak orang yang berperilaku menyimpang!

Kunci dan scoring terlampir

2. Afektif

LEMBAR PENGAMATAN SIKAP

Mata Pelajaran : SOSIOLOGI

Kelas               : X

No

Nama Siswa

Aspek Penilaian

Nilai

Minat Keaktifan Kedisiplinan
1          
2          
3          
4          
5          
6. Dst…..        

Pedoman Penskoran    :

– Tinggi            = 3

– Sedang          = 2

– Rendah         = 1

11.SUMBER/BAHAN

Sosiologi untuk SMA Kelas X, Saptono, dkk.

– Sosiologi 1, Suatu  Pendekatan  Baru, Kusmono  Hadi ,PT Piranti.

– Pengantar Sosiologi Soerjono Soekanto

– Film perilaku menyimpang

– Internet  / Koran

Semarang,   Juli 2011

Guru Sosiologi

Asriningsih