1. IDENTITAS MATA PELAJARAN
a. Nama Sekolah : SMA SEMARANG
b. Kelas : X
c. Semester : 2
d. Jurusan : —
e. Mata Pelajaran : SOSIOLOGI
f. Jumlah Pertemuan : 3 x Pertemuan (6 x 45 menit)

2. STANDAR KOMPETENSI
2. Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian

3. KOMPETENSI DASAR
2.2 Mendeskripsikan terjadinya perilaku menyimpang dan sikap-sikap antti sosial

4. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
• Mengidentifikasikan faktor-faktor terjadinya perilaku menyimpang
• Menjelaskan teori-teori perilaku menyimpang
• Menjelaskan fungsi lembaga pengendalian sosial

5. TUJUAN PEMBELAJARAN
• Melalui kegiatan diskusi dan dialog interaktif, siswa mampu mendeskripsikan faktor-faktor penyebab perilaku menyimpang
• Melalui kegiatan diskusi dan dialog interaktir, siswa mampu mendeskripsikan teori-teori terjadinya perilaku menyimpang.
• Melalui kegiatan diskusi dan dialog interaktir, siswa mampu mendeskripsikan fungsi lembaga pengendalian sosial

6. MATERI AJAR
• Proses sosialisasi dan pembentukan kepribadian

7. ALOKASI WAKTU
3 kali pertemuan (4 x 45 menit)

8. MODEL/PENDEKATAN/METODE PEMBELAJARAN
Model Pembelajaran
Konstruktivisme, cooperative learning
Metode Pembelajaran
• Ceramah interaktif
• Diskusi kelompok kecil
• Penugasan
• Tanya jawab
Pendekatan Pembelajaran
Pemahaman konsep dan ekspositori

9.KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan 9 ( 2 X 45 Menit)

No

Kegiatan Pembelajaran

Waktu (Menit)

1. TATAP  MUKA

Kegiatan  awal  (pendahuluan)

Appersepsi

– Meminta peserta didik untuk mengingat kembali pengertian istilah “perilaku menyimpang  yang  telah dibahas pada pembelajaran sebelumnya

– Mengkaitkan hasil brainstorming dengan materi yang akan

disampaikan pada hari itu

 

10’

2.

Kegiatan inti :

  • Eksplorasi

– Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang faktor-faktor perilaku menyimpang diselingi tanya jawab

– Digunakan teknik problem solving untuk menjelaskan faktor-faktor perilaku menyimpang

– Memberi materi untuk dikaji secara perorangan  :

1. Faktor-faktor perilaku menyimpang

2. Teori Labeling

3. Teori Sosialisasi

4. Teori Biologis

  • Elaborasi 

 Siswa mengkaji teori-teori perilaku menyimpang dari buku paket

–  Dua orang  siswa ditunjuk sebagai moderator dan sekretaris

yang akan mengatur jalannya dialog

–  Siswa dipimpin moderator mulai membicarakan hasil pengkajian pustaka

–  Satu dan lainnya saling melengkapi

– Moderator bersama sekretaris melakukan penyimpulan terhadap dialog tsb, guru mendampingi dan melengkapi

 

  • Konfirmasi

–  Guru memberi konfirmasi terhadap jalannya diskusi

–  Refleksi dilakukan dengan membandingkan teori labeling dan teori anomi

–  Memotivasi siswa yang belum aktif selama diskusi berlangsung

 

70’

3.

Kegiatan  Penutup :

  1. Evaluasi/Tanya jawab
  2. Penenangan / Pendinginan

PENUGASAN TERSTRUKTUR (PT) dan KEGIATAN MANDIRI TIDAK TERTSTRUKTUR  (KMTT)

Disampaikan saat kegiatan penutup

  • Penugasan terstruktur  (PT)

Membuat ringkasan tentang teori-teori perilaku menyimpang dari buku paket

  • KMTT

 

10’

Pertemuan 10 (2 x 45 Menit)

No

Kegiatan Pembelajaran

Waktu (Menit)

1. TATAP  MUKAKegiatan  awal  (pendahuluan)

Appersepsi

– Meminta peserta didik untuk mengingat kembali tentang teori labeling, biologi dan sosilisasi yang dibahas pada pembelajaran sebelumnya

– Mengkaitkan hasil brainstorming dengan materi yang akan

disampaikan pada hari itu

 

10’

2.

Kegiatan inti :

  • Eksplorasi

– Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang  teori-teori perilaku menyimpang diselingi tanya jawab

– Digunakan teknik ceramah untuk menjelaskan tentang teori-teori perilaku menyimpang

– Memberi materi untuk dikaji secara perorangan  :

1. Teori Konflik

2. Teori Ketegangan

3. Teori Anomi

4. Teori Agama

5. Teori Fungsi

Elaborasi 

 Siswa berdiskusi tentang teori-teori perilaku menyimpang dari buku paket.

–  Dua orang  siswa ditunjuk sebagai moderator dan sekretaris yang akan mengatur jalannya dialog

–  Siswa dipimpin moderator mulai membicarakan hasil pengkajian pustaka

–  Satu dan lainnya saling melengkapi

– Moderator bersama sekretaris melakukan penyimpulan terhadap dialog tsb, guru mendampingi dan melengkapi

 

  • Konfirmasi

–  Guru memberi konfirmasi terhadap jalannya diskusi

–  Refleksi dilakukan dengan membandingkan teori perilaku menyimpang yang satu dengan yang lainnya.

–  Memotivasi siswa yang belum aktif selama diskusi berlangsung

 

70’

3.

Kegiatan  Penutup :

  1. Evaluasi/Tanya jawab
  2. Penenangan / Pendinginan
  3. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membaca materi pada pertemuan selanjutnya

PENUGASAN TERSTRUKTUR (PT) dan KEGIATAN MANDIRI TIDAK TERTSTRUKTUR  (KMTT)

Disampaikan saat kegiatan penutup

  • Penugasan terstruktur  (PT)

Mengerjakan Latihan Soal dari LKS Kresna hal 36 – 37

  • KMTT

Belum ada KMTT karena belum sampai di akhir pembahasan KD

10’

Pertemuan 11 (2 x 45 Menit)

No

Kegiatan Pembelajaran

Waktu (Menit)

1. TATAP  MUKAKegiatan  awal  (pendahuluan)

Appersepsi

– Meminta peserta didik untuk mengingat kembali tentang teori-teori perilaku menyimpang yang dibahas pada pembelajaran sebelumnya

– Mengkaitkan hasil brainstorming dengan materi yang akan

disampaikan pada hari itu

10’

2.

Kegiatan inti :

  • Eksplorasi

– Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang  lembaga pengendalian sosial diselingi tanya jawab

– Digunakan teknik ceramah untuk menjelaskan lembaga pengendalian sosial

– Memberi materi untuk dikaji secara perorangan  :

1. Pengertian lembaga pengendalian sosial

2. Cara pengendalian sosial

3. Jenis-jenis lembaga pengendalian sosial

4. Fungsi pengendalian sosial

5. Disfungsi lembaga pengendalian sosial

Elaborasi 

 Siswa berdiskusi tentang Lembaga kepolisian dan Pengadilan sebagai lembaga pengendalian sosial dari berbagai sumber.

–  Dua orang  siswa ditunjuk sebagai moderator dan sekretaris yang akan mengatur jalannya dialog

–  Siswa dipimpin moderator mulai membicarakan hasil pengkajian pustaka

–  Satu dan lainnya saling melengkapi

– Moderator bersama sekretaris melakukan penyimpulan terhadap dialog tsb, guru mendampingi dan melengkapi

 

  • Konfirmasi

–  Guru memberi konfirmasi terhadap jalannya diskusi

–  Refleksi dilakukan dengan menyebutkan kembali fungsi lembaga pengendalian sosial.

–  Memotivasi siswa yang belum aktif selama diskusi berlangsung

 

70’

3.

Kegiatan  Penutup :

  1. Evaluasi/Tanya jawab
  2. Penenangan / Pendinginan

PENUGASAN TERSTRUKTUR (PT) dan KEGIATAN MANDIRI TIDAK TERTSTRUKTUR  (KMTT)

Disampaikan saat kegiatan penutup

  • Penugasan terstruktur  (PT)

Mengerjakan Latihan Soal dari LKS Kresna hal 48 – 51

  • KMTT

Membuat  laporan tentang  perilaku meyimpang dilingkungan siswa dan solusinya

 

10’

10. PENILAIAN HASIL BELAJAR

1. Kognitif

Soal Uraian :

  1. Sebutkan faktor-faktor penyebab perilaku menyimpang!
  2. Sebutkan 5 teori perilaku menyimpang!
  3. Jelaskan pendapat teori fungsi tentang perilaku menyimpang!
  4. Sebutkan fungsi lembaga pengendalian sosial!
  5. Sebutkan fungsi kepolisian sebagai lembaga pengendalian sosial!

Kunci dan scoring terlampir

2. Afektif

LEMBAR PENGAMATAN SIKAP

Mata Pelajaran : SOSIOLOGI

Kelas               : X

No

Nama Siswa

Aspek Penilaian

Nilai

Minat Keaktifan Kedisiplinan
1          
2          
3          
4          
5          
6. Dst…..        

Pedoman Penskoran    :

– Tinggi            = 3

– Sedang          = 2

– Rendah         = 1

11.SUMBER/BAHAN

Sosiologi untuk SMA Kelas X, Saptono, dkk.

– Sosiologi 1, Suatu  Pendekatan  Baru, Kusmono  Hadi ,PT Piranti.

– Pengantar Sosiologi Soerjono Soekanto

– Film perilaku menyimpang

– Internet  / Koran

 

Semarang,   Juli 2011

Guru Sosiologi

 

 

Asriningsih