1. IDENTITAS MATA PELAJARAN
    1. Nama Sekolah             : SMA SEMARANG
    2. Kelas                           : X
    3. Semester                      : 2
    4. Jurusan                        : —
    5. Mata Pelajaran            : SOSIOLOGI
    6. Jumlah Pertemuan       : 1 x Pertemuan (2 x 45 menit)

2. STANDAR KOMPETENSI

2. Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian

3. KOMPETENSI DASAR

2.2 Mendeskripsikan terjadinya perilaku menyimpang dan sikap-sikap anti sosial

4. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

  • Mengidentifikasi-kan terjadinya perilaku menyimpang sebagai hasil sosialisasi yang tidak sempurna
  • Mengklasifikasi  jenis – jenis perilaku menyimpang
  • Mendiskripsikan cara – cara untuk menanggulangi terjadinya perilaku  menyimpang

5. TUJUAN PEMBELAJARAN

  • Melalui kegiatan ulangan harian, siswa mampu memahami terjadinya perilaku menyimpang dan perlunya lembaga pengendalian sosial

6. MATERI AJAR

  • Proses sosialisasi dan pembentukan kepribadian

7. ALOKASI WAKTU

1  kali pertemuan (2 x 45 menit)

8. MODEL/PENDEKATAN/METODE PEMBELAJARAN

Model Pembelajaran

Metode Pembelajaran

  •  Kerja mandiri

Pendekatan Pembelajaran

9. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan 12 ( 2 X 45 Menit)

No

Kegiatan Pembelajaran

Waktu (Menit)

1.

TATAP  MUKA

Kegiatan  awal  (pendahuluan)

Appersepsi

– Meminta peserta didik untuk menempati tempat duduk yang sudah disiapkan oleh guru

– Guru membagikan soal ulangan dan lembar jawab

 

10’

2.

Kegiatan inti :

  • Eksplorasi

– Siswa mengerjakan soal ulangan dengan serius

  • Elaborasi 
  • Konfirmasi

–  Memotivasi siswa yang merasa belum menguasai materi

 

70’

3.

Kegiatan Penutup

Guru  mengumpulkan lembar jawaban siswa

10’

 

10. PENILAIAN HASIL BELAJAR

1. Kognitif

a. Soal pilihan ganda

b. Uraian

Soal dan kunci jawaban terlampir

2. Afektif

LEMBAR PENGAMATAN SIKAP

Mata Pelajaran : SOSIOLOGI

Kelas               : X

No

Nama Siswa

Aspek Penilaian

Nilai

Minat Keaktifan Kedisiplinan
1          
2          
3          
4          
5          
6. Dst…..        

Pedoman Penskoran    :

– Tinggi            = 3

– Sedang          = 2

– Rendah         = 1

11.SUMBER/BAHAN

Sosiologi untuk SMA Kelas X, Saptono, dkk.

– Sosiologi 1, Suatu  Pendekatan  Baru, Kusmono  Hadi ,PT Piranti.

– Pengantar Sosiologi Soerjono Soekanto

 

 

Semarang,   Juli 2011

Guru Sosiologi

 

 

Asriningsih