1. IDENTITAS MATA PELAJARAN
    1. Nama Sekolah                : SMA SEMARANG
    2. Kelas                              : X
    3. Semester                     : 2
    4. Jurusan                           : —
    5. Mata Pelajaran               : SOSIOLOGI
    6. Jumlah Pertemuan          : 2 x Pertemuan (4 x 45 menit)

2. STANDAR KOMPETENSI

2. Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian

3. KOMPETENSI DASAR

2.3 Menerapkan aturan – aturan sosial dalam kehidupan bermasyarakat

4. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

  • Mengidentifikasi-kan terjadinya perilaku menyimpang sebagai hasil sosialisasi yang tidak sempurna
  • Mengklasifikasi  jenis – jenis perilaku menyimpang
  • Mendiskripsikan cara – cara untuk menanggulangi terjadinya perilaku  menyimpang
  • Menjelaskan pengertian lembaga pengendalian sosial
  • Mengidentifikasikan proses pengendalian sosial
  • Menyebutkan tujuan pengendalian sosial
  • Menjelaskan sifat-sifat pengendalian sosial
  • Menjelaskan cara-cara pengendalian sosial

5. TUJUAN PEMBELAJARAN

  • Melalui kegiatan ulangan harian, siswa mampu memahami terjadinya perilaku menyimpang dan perlunya lembaga pengendalian sosial
  • Melalui kegiatan diskusi dan dialog interaktif, siswa mampu mendeskripsikan pengendalian sosial
  • Melalui kegiatan diskusi dan dialog interaktir, siswa mampu mengidentifikasi tujuan pengendalian sosial.

6. MATERI AJAR

  • Proses sosialisasi dan pembentukan kepribadian
  • Aturan – aturan sosial dalam kehidupan bermasyarakat

7. ALOKASI WAKTU

2 kali pertemuan (4 x 45 menit)

8. MODEL/PENDEKATAN/METODE PEMBELAJARAN

    Model Pembelajaran

Konstruktivisme, cooperative learning

    Metode Pembelajaran

  • Ceramah interaktif
  • Diskusi kelompok kecil
  • Penugasan
  • Tanya jawab

Pendekatan Pembelajaran

Pemahaman konsep dan ekspositori

9. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan 13 ( 2 x 45 Menit)

No

Kegiatan Pembelajaran

Waktu (Menit)

1.

TATAP  MUKA

Kegiatan  awal  (pendahuluan)

Appersepsi

– Meminta peserta didik untuk menjelaskan pengertian lembaga pengendalian sosial

– Mengkaitkan hasil brainstorming dengan materi yang akan

  disampaikan pada hari itu

 

10’

2.

Kegiatan inti :

  • Eksplorasi

– Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang  lembaga pengendalian sosial diselingi tanya jawab

– Digunakan teknik ceramah untuk menjelaskan lembaga pengendalian sosial

– Memberi materi untuk dikaji secara perorangan  :

1. Pengertian lembaga pengendalian sosial

2. Tujuan pengendalian sosial

3. Ruang lingkup pengendalian sosial

4. Sifat-sifat pengendalian sosial

Elaborasi 

 Siswa berdiskusi tentang kenakalan remaja dari berbagai sumber.

–  Dua orang  siswa ditunjuk sebagai moderator dan sekretaris yang akan mengatur jalannya dialog

–  Siswa dipimpin moderator mulai membicarakan hasil pengkajian pustaka

–  Satu dan lainnya saling melengkapi

– Moderator bersama sekretaris melakukan penyimpulan terhadap dialog tsb, guru mendampingi dan melengkapi

 

  • Konfirmasi

–  Guru memberi konfirmasi terhadap jalannya diskusi

–  Refleksi dilakukan dengan membandingkan remaja pendiam dan remaja yang nakal.

–  Memotivasi siswa yang belum aktif selama diskusi berlangsung

 

70’

3.

Kegiatan  Penutup :

  1. Evaluasi/Tanya jawab
  2. Penenangan / Pendinginan

PENUGASAN TERSTRUKTUR (PT) dan KEGIATAN MANDIRI TIDAK TERTSTRUKTUR  (KMTT)

Disampaikan saat kegiatan penutup

  • Penugasan terstruktur  (PT)

Mengerjakan Latihan Soal dari LKS Kresna hal 48 – 51

  • KMTT

Belum ada KMTT karena belum sampai di akhir pembahasan KD

 

10’

Pertemuan 14 (2 x 45 Menit)

No

Kegiatan Pembelajaran

Waktu (Menit)

1.

TATAP  MUKA

Kegiatan  awal  (pendahuluan)

Appersepsi

– Meminta peserta didik untuk mengingat kembali pengertian lembaga pengendalian sosial yang dibahas pada pembelajaran sebelumnya

– Mengkaitkan hasil brainstorming dengan materi yang akan

  disampaikan pada hari itu

 

10’

2.

Kegiatan inti :

  • Eksplorasi

– Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang  cara-cara pengendalian sosial diselingi tanya jawab

– Digunakan teknik ceramah untuk menjelaskan cara-cara  pengendalian sosial

– Memberi materi untuk dikaji secara perorangan  :

1. Cara-cara pengendalian sosial

2. Alasan pengendalian sosial

3. Fungsi pengendalian sosial

Elaborasi 

 Siswa berdiskusi tentang media massa (Televisi, Koran, Internet) sebagai lembaga pengendalian sosial dari berbagai sumber.

–  Dua orang  siswa ditunjuk sebagai moderator dan sekretaris yang akan mengatur jalannya dialog

–  Siswa dipimpin moderator mulai membicarakan hasil pengkajian pustaka

–  Satu dan lainnya saling melengkapi

– Moderator bersama sekretaris melakukan penyimpulan terhadap dialog tsb, guru mendampingi dan melengkapi

 

  • Konfirmasi

–  Guru memberi konfirmasi terhadap jalannya diskusi

–  Refleksi dilakukan dengan menyebutkan kembali fungsi lembaga pengendalian sosial.

–  Memotivasi siswa yang belum aktif selama diskusi berlangsung

 

70’

3.

Kegiatan  Penutup :

  1. Evaluasi/Tanya jawab
  2. Penenangan / Pendinginan

PENUGASAN TERSTRUKTUR (PT) dan KEGIATAN MANDIRI TIDAK TERTSTRUKTUR  (KMTT)

Disampaikan saat kegiatan penutup

  • Penugasan terstruktur  (PT)

Membuat  perbandingan antara Media massa dengan Kepolisian (Kolom disediakan)

  • KMTT

Membuat laporan tentang praktek pengendalian dalam kehidupan masyarakat

 

10’

10. PENILAIAN HASIL BELAJAR

1. Kognitif

Soal Uraian :

  1. Jelaskan pengertian lembaga pengendalian sosial!
  2. Sebutkan tujuan pengendalian sosial!
  3. Sebutkan ruang lingkup pengendalian sosial!
  4. Sebutkan sifat-sifat pengendalian sosial!
  5. Sebutkan fungsi pengendalian sosial!

Kunci dan scoring terlampir

2. Afektif

LEMBAR PENGAMATAN SIKAP

Mata Pelajaran : SOSIOLOGI

Kelas               : X

No

Nama Siswa

Aspek Penilaian

Nilai

Minat Keaktifan Kedisiplinan
1          
2          
3          
4          
5          
6. Dst…..        

Pedoman Penskoran    :

– Tinggi            = 3

– Sedang          = 2

– Rendah         = 1

11.SUMBER/BAHAN

Sosiologi untuk SMA Kelas X, Saptono, dkk.

– Sosiologi 1, Suatu  Pendekatan  Baru, Kusmono  Hadi ,PT Piranti.

– Pengantar Sosiologi Soerjono Soekanto

– Film perilaku menyimpang

– Internet  / Koran

Semarang,   Juli 2011

Guru Sosiologi

Asriningsih