1. IDENTITAS MATA PELAJARAN
    1. Nama Sekolah          : SMA SEMARANG
    2. Kelas                           : X
    3. Semester                    : 2
    4. Jurusan                       : —
    5. Mata Pelajaran           : SOSIOLOGI
    6. Jumlah Pertemuan      : 2 x Pertemuan (4 x 45 menit)

2. STANDAR KOMPETENSI

2. Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian

3. KOMPETENSI DASAR

2.4 Menerapkan ilmu sosiologi dalam kehidupan bermasyarakat

4. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

  • Mendeskripsikan sosiologi sebagai ilmu terapan
  • Mendiskripsikan peran ilmu sosiologi dalam masalah sosial
  • Mendiskripsikan peran sosiologi dalam pembangunan

5. TUJUAN PEMBELAJARAN

  • Melalui kegiatan diskusi dan dialog interaktif, siswa mampu mendeskripsikan perna ilmu sosiologi dalam kehidupan masyarakat.

6. MATERI AJAR

  • Sosiologi dan kehidupan bermasyarakat

7. ALOKASI WAKTU

2 kali pertemuan (4 x 45 menit)

8. MODEL/PENDEKATAN/METODE PEMBELAJARAN

    Model Pembelajaran

Konstruktivisme, cooperative learning

    Metode Pembelajaran

  • Ceramah interaktif
  • Diskusi kelompok kecil
  • Penugasan
  • Tanya jawab
  • Kerja mandiri

Pendekatan Pembelajaran

Pemahaman konsep dan ekspositori

9. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan 17 ( 2 x 45 Menit)

No

Kegiatan Pembelajaran

Waktu (Menit)

1.

TATAP  MUKA

Kegiatan  awal  (pendahuluan)

Appersepsi

– Meminta peserta didik untuk menyimpulkan pengertian sosiologi sebagai brainstorming

– Mengkaitkan hasil brainstorming dengan materi yang akan  disampaikan pada hari itu

 

10’

2.

Kegiatan inti :Eksplorasi – Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang  peran sosiolohgi dala mkehidupan bermasyarakat diselingi tanya jawab

– Digunakan teknik problem solving untuk menjelaskan tentang peran sosiologi dalam kehidupan bermasyarakat

– Memberi materi untuk dikaji secara perorangan  :

1. Sosiologi sebagai ilmu terapan

2. Peran sosiologi dalam memecahkan permasalahan sosial

3. Peran sosiologi dalam pembangunan

Elaborasi   Siswa mengkaji artikel tentang kerusuhan sosial dari koran

–  Dua orang  siswa ditunjuk sebagai moderator dan sekretaris

yang akan mengatur jalannya dialog

–  Siswa dipimpin moderator mulai membicarakan hasil pengkajian pustaka

–  Satu dan lainnya saling melengkapi

– Moderator bersama sekretaris melakukan penyimpulan terhadap dialog tsb, guru mendampingi dan melengkapi

Konfirmasi–  Guru memberi konfirmasi terhadap jalannya diskusi

–   Refleksi dilakukan dengan  membandingkan ilmu sosiologi dengan ilmu lainnya

–  Memotivasi siswa yang belum aktif selama diskusi berlangsung

 

70’

3.

Kegiatan  Penutup :

  1. Evaluasi/Tanya jawab
  2. Penenangan / Pendinginan

PENUGASAN TERSTRUKTUR (PT) dan KEGIATAN MANDIRI TIDAK TERTSTRUKTUR  (KMTT)

Disampaikan saat kegiatan penutup

  • Penugasan terstruktur  (PT)

Mengerjakan soal uji kompetensi LKS hal 58 -60

  • KMTT

 

10’

Pertemuan 18 ( 2 x 45 Menit)

No

Kegiatan Pembelajaran

Waktu (Menit)

1.

TATAP  MUKA

Kegiatan  awal  (pendahuluan)

Appersepsi

– Meminta peserta didik untuk menempati tempat duduk yang sudah disiapkan oleh guru

– Guru membagikan soal ulangan dan lembar jawab

 

10’

2.

Kegiatan inti :

Eksplorasi

– Siswa mengerjakan soal ulangan dengan serius

Elaborasi 

Konfirmasi

–  Memotivasi siswa yang merasa belum menguasai materi

70’

3.

Kegiatan Penutup

Guru  mengumpulkan lembar jawaban siswa

10’

 

10. PENILAIAN HASIL BELAJAR

1.  Kognitif

a. Soal pilihan ganda

b. Uraian

Soal dan kunci jawaban terlampir

2. Afektif

Lembar Pengamatan Sikap

Mata Pelajaran        : Sosiologi

Kelas                            : X

No

Nama Siswa

Aspek Penilaian

Nilai

Minat Keaktifan Kedisiplinan
1          
2          
3          
4          
5          
6. Dst…..        

Pedoman Penskoran    :

– Tinggi            = 3

– Sedang          = 2

– Rendah         = 1

11.SUMBER/BAHAN

Sosiologi untuk SMA Kelas X, Saptono, dkk.

– Sosiologi 1, Suatu  Pendekatan  Baru, Kusmono  Hadi, PT Piranti.

– Pengantar Sosiologi Soerjono Soekanto

– Internet  / Koran

Semarang,      Juli 2011

Guru Sosiologi

Asriningsih